02 Januari 2009

Lapas Pemuda Tangerang Sterilisasi Kegiatan Politik

TANGERANG- Menjelang Pemilu 2009 Kepala Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Tangerang, K. Purwanto melarang adanya kegiatan politik tak berizin di dalam Lapas. Pasalnya, kegiatan politik bisa menimbulkan gangguan keamanan di dalam Lapas.

"Kami tidak memperbolehkan kegiatan politik baik yang dilakukan dengan dalih apapun oleh Caleg atau partai tanpa seizin dari Kakanwil Pemasyarakatan,"katanya kepada tangerangonline.

Tidak hanya itu saja, Purwanto juga mengaku melarang pembagian stiker atau pemasangan atribut partai politik atau para Caleg apalagi melakukan kampanye di dalam Lapas. Pasalnya, kegiatan yang berbau politik bisa mengkotak-kotakan narapidana yang berdampak besar bagi gangguan keamanan. "Sekali lagi jika tanpa izin maka kegaiatan politik dilarang,"ucapnya.

Kendati demikian, pelarangan kegiatan politik tersebut tidak untuk memberikan hak pilih. "Saat pemilu presiden atau legislatif, narapidana bisa memberikan hak suaranyaRata Penuh,"ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan Pemuda, Asep Sutandar. Menurutnya, bukan pelarangan kegiatan politik. Namun pihaknya mengaku akan melarang kegiatan apapun yang tidak berizin termasuk politik tanpa seizin instansi yang bersangkutan. "Sejauh ini belum ada partai yang datang,"ucapnya singkat. (nita)

sumber: TangerangOnline