27 Oktober 2008

69 Balon DPD Lolos di Pusat

SERANG – Para bakal calon (balon) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Provinsi Banten sudah harus bersiap-siap untuk berkompetisi memperebutkan suara agar bisa duduk sebagai senator di Senayan.

Terhitung sejak 26 September lalu, KPU Pusat sudah mengumumkan nama para balon DPD dalam daftar calon sementara (DCS) DPD peserta Pemilu 2009.

Ketua Pokja Verifikasi KPU Banten Lukman Hakim membenarkan lolosnya ke-69 bakal calon dalam DCS. “KPU Pusat sudah mengumumkan DCS untuk DPD dari provinsi Banten. Namun, kami memang belum menerima tembusannya. Tapi sudah bisa diakses masyarakat di websitenya KPU,” papar Lukman, Minggu (5/10).

Ia juga memastikan ke-69 balon DPD yang diserahkan KPU Banten ke KPU Pusat lolos verifikasi DCS. “Memang sebelumnya KPU Pusat sempat meminta klarifikasi KPU Banten atas berkas sejumlah bakal calon. Kita sudah berikan klarifkasi dan selesai,” tandasnya.

Dalam waktu dekat, imbuh Lukman, KPU Banten akan mendapatkan daftar beserta foto calon DPD untuk disosialisasikan. “Soal nomor urut juga nanti KPU Pusat yang menentukan,” ungkapnya.

Berdasarkan data di www.kpu.go.id, 69 nama balon DPD sudah masuk dalam DCS beserta foto wajah masing-masing balon. Namun, KPU Pusat belum mencantumkan nomor urut balon DPD.

Sejumlah nama yang sudah tak asing lagi, seperti bekas anggota DPRD Banten, anggota KPU Banten, akademisi, serta tokoh masyarakat dan yang saat ini masih menjabat sebagai anggota DPD RI, masuk dalam DCS. Termasuk anak Gubernur Banten dan anak anggota DPD RI juga masuk dalam DCS. (esl)

sumber: radar banten